Visit this site. Jadikan blog anda sebagai sumber penghasilan. Mau tau caranya ? Klik disini
Mau Pasang iklan disini ? SMS.085648421988

Friday, March 18, 2011

Trik Menghitung Page Rank sendiri tanpa Google

Akhirnya kemarin saya punya waktu untuk blogwalking lebih lama daripada beberapa hari terakhir ini. Mampir ke blog sobat-sobat blogger yang ternyata memang pada giat banget ngeblog. He..he.. beda dengan blog ini yang belakangan ini jarang 'mandi'.

Blogwalking sempat terhenti lama di blognya mas Masrur. Bukan apa-apa. Ada artikel yang rada bikin mumet di sana: Page Rank Calculator, not bad lah. Merasa berhubungan dengan salah satu tulisan saya tentang konsep dasar Google Page Rank, saya pun serius membacanya.
Mudeng? He..he.. pertama kali, enggak. Musti berulang-ulang dipelototi baru deh... dikit. :D
Saya share di sini ya.
Kalkulator yang dimaksud di sini sebenarnya adalah sebuah rumus menghitung PR domain kita dengan melibatkan variabel-variabel tertentu. Tapi ingat ya, rumus ini menghasilkan angka kira-kira. Berapa nilai PR yang benar adalah hak hitung si mbah-mbah tua Google itu.
Rumus Page Rank (PR) Calculator adalah :
PRa = 1-d + d*( PRs1/Cs1 + PRs2/Cs2 + PRs3/Cs3 + ... + PRsn/Csn)
dengan keterangan :
  • PRa : PR dari suatu halaman a.
  • PRsi : PR dari suatu halaman (si) yang memberikan link ke domain a, sedangkan si mempunyai range dari 0 s/d n dimana n adalah jumlah total dari incoming links. Incoming link bisa berasal darimana saja termasuk dari halaman lain dalam 1 domain.
  • Csi : Total outbound links yang ada pada halaman (si) yang memberikan link ke domain a.
  • d : Dumping faktor yang biasanya berupa nilai dari 0 s/d 1. Bila anda tidak mengetahui-nya anda bisa menggunakan angka 0.85
Nah.. seperti yang saya maksud pada artikel saya tentang Page Rank, PR halaman yang memberi backlink ke blog kita ternyata sangat berpengaruh. Semakin tinggi PR-nya, ya semakin bagus.
Jika anda kerepotan untuk menghitung berapa PR (kira-kira) anda dengan rumus, anda bisa me-refer tabel berikut yang diturunkan dari rumus di atas. Tabel ini bisa anda gunakan untuk menghitung berapa kira-kira link yang anda butuhkan untuk mendapatkan PR tertentu.
Google PR dan Jumlah Backlink
Hmm.. boleh juga 'kan? Meskipun hasilnya hanya prediksi, tapi proses pencarian metode ini patut diacungi jempol. Paling tidak, sedikit mengurangi rasa penasaran kita terhadap algoritma Google pada saat melakukan perhitungan Page Rank.
Atau.. ada yang punya metode lain? 

referensi : http://blogiologi.com/menghitung-page-rank-sendiri-tanpa-google.html

0 comments: